● Artikel
Dimensi Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI) Kota Pekalongan
Selasa, 11 Oktober 2011 | pukul : 01:16:52 | Administrator | Hits : 13455

Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI) merupakan salah satu kegiatan evaluasi dan pemetaan pengembangan dan pemanfaatan TIK di lingkungan pemerintah, baik propinsi, kabupaten/kota maupun departemen dan lembaga non departemen. PeGI diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Cq. Direktorat e-Government.

Kegiatan PeGI bertujuan menyediakan acuan bagi pengembangan dan pemanfaatan TIK di lingkungan pemerintah, memberikan dorongan bagi peningkatan pemanfaatan TIK di lingkungan pemerintah melalui evaluasi yang obyektif, dan mendapatkan peta kondisi pemanfaatan TIK di lingkungan pemerintah secara nasional. Adapun penilaian PeGI meliputi dimensi kebijakan, kelembagaan, infrastruktur, aplikasi, dan perencanaan TIK.

Pemerintah Kota Pekalongan sebagai salah satu instansi pemerintah telah mengikuti kegiatan PeGI Tingkat Kabupaten/Kota Wilayah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2011 tanggal tanggal 4 s/d 6 Oktober 2011 di Solo.

Dimensi penilaian PeGI terhadap Pemerintah Kota Pekalongan, meliputi.

KEBIJAKAN
Motivasi
Motivasi pembangunan daerah berbasis TIK
1. Mengupayakan kelancaran komunikasi internal dan eksternal Pemkot serta mendorong partisipasi masyarakat
2. Mengurangi kesenjangan digital (digital divide) serta mendorong masyarakat Kota Pekalongan menuju masyarakat informasi
3. Meningkatkan kemampuan mengolah, mengelola, menyalurkan, dan mendistribusikan informasi dan pelayanan publik

Strategi
Strategi pembangunan daerah berbasis TIK
1. Mainstreaming dan fokus isu-agenda TIK
Isu-agenda TIK dibawa ke tengah pusaran ‘isu-agenda-tantangan’ pembangunan daerah; isu teknis ke isu kebijakan; isu agenda sektoral ke isu agenda bersama SKPD maupun publik; dan parsial ke integral kebijakan, tata kelola dan SDM; serta teknis TIK ke CIO. Disamping itu, perlu disepakati fokus dan arah pembangunan daerah berbasis TIK.
2. Pengembangan suprastruktur TIK (Kelembagaan, Kebijakan/Regulasi, SDM, e-Leadership, Tata Kelola/SOP, Dukungan Anggaran,dan Kemitraan)
3. Pengembangan infrastruktur TIK
Pengembangan infrastruktur TIK berkaitan dengan sarana dan prasarana yang mendukung pengembangan dan pemanfaatan TIK. Infrastruktur TIK meliputi jaringan komunikasi (LAN, WAN, dan akses internet); pusat data (data center); perangkat keras pengguna (desktop, notebook dan lain lain); saluran layanan (service delivery channel) berbasis web, telepon, sms, dan lain lain; fasilitas pendukung seperti ruangan khusus, AC, UPS, Genset, serta sarana pengamanan fasilitas lainnya.
4. Pengembangan infostruktur TIK
Pengembangan infostruktur TIK berkaitan dengan ketersediaan dan tingkat pemanfaatan perangkat lunak aplikasi yang mendukung layanan e-Government, baik secara langsung (front office) maupun tidak langsung (back office). Pengembangan dan pemanfaatan aplikasi tersebut didasarkan atas fungsi kepemerintahan yang dikelompokkan dalam blok fungsi dasar umum dan fungsi kedinasan dan kelembagaan.

Pemetaan dan Fokus
Pemetaan pengembangan e-Government mengacu RSTIK (Rencana Strategis Teknologi Informasi dan Komunikasi) Kota Pekalongan 2008-2013. Disamping itu, pengembangan e-Government menuju e-Development sebagai faktor pendorong percepatan, pemungkin, tranformasi, dan inovasi Pembangunan Daerah fokus pada 4 (empat) bidang berikut.
1. TIK untuk mendorong pendidikan berkualitas
2. TIK untuk mendorong Pemberdayaan Masyarakat
3. TIK untuk mendorong Good Governance/Public Service
4. TIK untuk mendorong ekonomi kreatif

Sejalan dengan pemetaan dan fokus pengembangan e-Government tersebut, Pemerintah Kota Pekalongan meletakaan isu-agenda TIK dalam kerangka makro SISTEM INOVASI DAERAH (SIDa). SIDa merupakan “Best Practices Daerah/Negara berdaya tinggi dan berkelanjutan”. Pilar-pilar SIDa meliputi Kebijakan & Reformasi Birokrasi; Jaringan dan Kolaborasi Triple-Helix Inovasi; Daya Dukung IPTEK-TIK & Best Practices; Budaya Inovasi-Teknoprener; Klaster Industri; dan Trend Global.
Dalam bidang Inovasi, Diskominfo Kota Pekalongan bersama Disperindagkop dalam proses membidani lahirnya “Balai Inkubator Inovasi, Teknologi & Bisnis”. Teknoprener diharapkan dapat mendorong wirausaha berbasis ekonomi kreatif – terutama TIK.

Kebijakan TIK
Kebijakan pemanfaatan TIK Kota Pekalongan diundangkan dalam peraturan maupu keputusan Walikota Pekalongan sebagai berikut.
Kebijakan TIK
a. Perwal No. 46 Tahun 2010 tentang Renstra TI Tahun 2009-2013;
b. Perwal No. 9 Tahun 2010 tentang Panduan Umum Tata Kelola TIK;
c. Perwal No. 4 Tahun 2010 tentang Penggunaan Nama Sub Domain pekalongankota.go.id;
d. Perwal No. 9a Tahun 2010 tentang Pemanfaatan Layanan M-CAP;
e. Kepwal No. 20/08 Tahun 2010 tentang Perubahan Nama Domain Untuk Situs Web Resmi;
f. Kepwal No. 11 Tahun 2001 tentang SIMDA Kota Pekalongan;
g. Kepwal No. 050.05/064 2010 tentang Tim Pengelola M-CAP;
h. Kepwal No. 555/09 Tahun 2011 Tentang  Penetapan Pedoman Pembentukan Dewan Pendayagunaan TIK;
i. Kepwal No. 020.05/070 Tahun 2011 Tentang Dewan Pendayagunaan TIK Tahun 2011-2013;
j. Kepwal No. 020/035 Tahun 2011 Tentang CIO dan KOMITE TIK.

Kebijkan TIK Khusus Migrasi Free/Open Source Software
a. Perwal No. 12A Tahun 2010 tentang Migrasi Perangkat Lunak Legal Berbasis FOSS;
b. Kepwal No. 020/024 Tahun 2010 tentang Kewajiban Pemakaian dan Pemanfataan Perangkat Lunak Legal dan FOSS;
c. Kepwal No. 020/026 Tahun 2010 tentang Tim Migrasi Tim Migrasi Perangkat Lunak Legal Berbasis FOSS;
d. Kepwal No. 020.05/101 Tahun 2010 tentang Tim Help Desk Perangkat Lunak Legal Berbasis FOSS;
e. Kepwal No. 020.05/102 Tahun 2010 tentang Tim Monitoring dan Evaluasi Penggunaan Perangkat Lunak Legal Berbasis FOSS;
f. Kepwal No. 020.05/185 Tahun 2010 tentang Tim Fasilitasi Penerapan Software Legal berbasis FOSS;
g. Kepwal No. 020.05/184 Tahun 2010 tentang Tim Penegak Kepatuhan Penerapan Software Legal dalam Pemanfaatan Sarana TIK;
h. Kepwal No. 020/071 Tahun 2011 Tentang Integrasi dan Migrasi Aplikasi/SIM TIK Berbasis FOSS;
i. Kepwal No. 020/142 Tahun 2011 Tentang Integrasi dan Migrasi SIMKEUDA Berbasis FOSS.

Penyusunan dan pengaturan kebijakan di bidang TIK tersebut menjadi kewenangan  Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pekalongan. Penyusanan dan pengaturan kebijakan tersebut melibatkan Dinas Komunikasi dan Informatika, Bagian Hukum Setda Kota Pekalongan dan SKPD Pemilik Proses Bisnis yang terkait.

Kebijakan pemanfaatan TIK tersebut berhasil diterapkan, antara lain.
a. Pada tanggal 29 Desember 2010, Pemerintah Kota Pekalongan telah mendeklarasikan penggunaan legal software berbasis Free/Open Source Software, khususnya fungsi administrasi perkantoran SKPD Kota Pekalongan.
b. Tahun 2010, seluruh pejabat struktural Pemerintah Kota Pekalongan berkomitmen menggunakan legal software dengan menandatangani pakta integritas.
c. Tahun 2011, Pemerintah Kota Pekalongan telah berhasil melakukan migrasi penggunaan legal software berbasis Free/Open Source Software + 90% di Kelurahan, SD, SMP, SMA, SMK Negeri Kota Pekalongan (per Agustus 2011). Disamping itu, SIM Keuangan Daerah dan SIM Rumah Sakit dimigrasikan ke Free/Open Source Software.
d. Tahun 2011, semua investasi TIK SKPD, baik perangkat keras maupun perangkat lunak harus mendapatkan rekomendasi teknis dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pekalongan. Dengan demikian, setiap SKPD mengajukan permohonan rekomendasi teknis terkait investasi TIK.
e. Tahun 2010, secara bertahap dilakukan penertiban penggunaan nama sub domain SKPD. Tahun 2011, semua SKPD dan Kelurahan difasilitasi pembuatan dan pengelolaan website.
f. Tahun 2011, komunikasi dan koordinasi kedinasan telah menggunakan e-Mail SKPD maupun personal dinas/non dinas.
g. Tahun 2010-2011, layanan TIK telah memanfaatkan Mobile-Community Access Point (M-CAP) dan Community Access Point (CAP): Broadband Learning Center (BLC).
h. Tahun 2010-2011, forum komunikasi dan koordinasi difasilitasi melalui ICT Executive Forum dan ICT Technical Forum.
i. Tahun 2011, komitmen kemitraan dengan stakeholder TIK difasilitasi dengan terbentuknya Dewan Pendayagunaan TIK sebagai mitra Pemerintah Kota Pekalongan dalam merumuskan kebijakan dan arahan strategis pembangunan daerah terkait pendayagunaan TIK maupun pemberdayaan masyarakat di bidang TIK.

Namun demikian, penerapan kebijakan pemanfaatan TIK tersebut masih terkendala oleh.
a. Adanya resistensi perubahan penyelenggaraan layanan pemerintahan dari manual ke elektronik.
b. Belum lengkapnya acuan peraturan pemerintah pusat, kementerian terkait TIK.
c. Adanya ego sektoral SKPD dalam pengelolaan sumberdaya TIK.
d. Belum selarasnya rencana strategis TIK dengan RPJMD (Perubahan Visi, Misi Walikota dan Wakil Walikota Terpilih).
e. Kesenjangan digital antara pimpinan SKPD dan staf.

Untuk mengatasi kendala tersebut, evaluasi dan revisi kebijakan TIK dilakukan sesuai kebutuhan Pemerintah Kota Pekalongan dan apabila ada perubahan peraturan perundangan maupun Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK). Akhir tahun 2011, Dinas Komunikasi dan Informatika akan melakukan evaluasi dan revisi kebijakan TIK.

Dukungan Anggaran
Disamping kebijakan pemanfataan TIK tersebut, pengalokasian pembiayaan yang cukup untuk melakukan pengembangan dan implementasi TIK secara layak termasuk salah satu aspek yang dievaluasi dalam dimensi kebijakan. Berikut dukungan anggaran pengembangan dan implementasi TIK.
Tahun 2011, anggaran Dinas Komunikasi dan Informatika sebesar Rp2.317.705.000,00 terdiri atas belanja rutin Rp80.238.800,00 dan belanja program dan kegiatan TIK sebesar Rp2.237.466.200 (APBD-P 2011).

Tahun 2011, alokasi dana/anggaran khusus untuk pengembangan pemanfaatan TIK berupa belanja program dan kegiatan TIK Dinas Komunikasi dan Informatika sebesar Rp2.237.466.200 (APBD-P 2011). Sedangkan, belanja program dan kegiatan TIK seluruh SKPD Pemerintah Kota Pekalongan sebesar Rp4.978.198.300 (APBD 2011).
Adapun dana yang telah digunakan untuk pemanfaatan TIK pada tahun 2010 di Bagian PDE Setda Kota Pekalongan sebesar Rp1.493.309.100 (APBD-P 2010).

KELEMBAGAAN
SKPD Pengelola TIK telah mengalami pasang surut dalam dinamika perubahan SOTK sebagai komitmen kelembagaan TIK. September 2011 s/d ... SOTK SKPD Pengelola TIK menjadi DINAS KOMINFO. Pada tahun 2008 s/d 2011 terdapat 2 (dua) SKPD Pengelola TIK, yaitu Bagian PDE dan Bidang Kominfo pada DISHUBKOMINFOPARBUD. Tahun 2005 s/d 2008 SOTK SKPD Pengelola TIK ditangani oleh Bidang Data Elektronik pada BARDEPUSDA. Tahun ... s/d 2005 SOTK SKPD Pengelola TIK berupa Kantor PDE.

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Pekalongan Nomor 1 Tahun  2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kota Pekalongan tanggal 31 Januari 2011, SKPD Pengelola TIK adalah Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pekalongan yang mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang komunikasi, informatika dan inovasi daerah yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.
Dalam pengelolaan sumberdaya TIK Kota Pekalongan telah dibentuk entitas-entitas TIK, yaitu Chief Information Officer (CIO), Komite TIK, SKPD Pengelola TIK, SKPD Pemilik Proses Bisnis, dan Tim TIK SKPD.

SDM dan Pengembangan SDM
Pengelolaan sumberdaya TIK didukung oleh SDM TIK Diskominfo sejumlah 6 orang dan SDM TIK Pemkot sebanyak 42 orang.

Terkait program pelatihan pemanfaatan TIK kepada pengguna sistem, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pekalongan secara reguler menyediakan program pelatihan pemanfaatan TIK melalui Program Fasilitasi Peningkatan SDM bidang Komunikasi dan Informasi, Kegiatan Pelatihan SDM dalam bidang Komunikasi dan Informasi. Pelatihan TIK diperuntukkan bagi CPNS/PNS/Tenaga Honor maupun masyarakat Kota Pekalongan dilaksanakan setiap hari maksimal 3 (tiga) sesi, per sesi 2 (dua) jam di Broadband Learning Center Kota Batik Pekalongan. Pelatihan TIK tidak dipungut biaya.

Kemitraan
Dalam pengembangan e-Government, Pemerintah Kota Pekalongan Cq. Dinas Komunikasi dan Informatika telah menjalin kemitraan dengan stakeholder TIK, antara lain BPPT, KNRT, Kemenkominfo, KemenPAN dan RB, Dewan Pendayagunaan TIK, PT. Telkom, Komunitas TIK, KPLI, STMIK Widya Pratama, SMK Negeri 2, SMK Syafi’i Akrom, SMK Muhammadiyah, MGMP TIK SMP, MGMP TIK SMA, MGMP TKJ SMK, dan MGMP KPI SMK.

e-Leadership
Kepemimpinan berbasis TIK dilingkungan Pemerintah Kota Pekalongan dapat dilihat pada komitmen penggunaan legal software melalui penandatanganan Pakta Integritas; publikasi kegiatan SKPD melalui wesbite SKPD; komunikasi data dan informasi telah menggunakan e-Mail SKPD, e-Mail personal dinas, dan KANTAYA; pengembangan dan pemanfaatan layanan keuangan daerah melalui SIMKEUDA.

Pengelolaan Sumberdaya TIK
Efisiensi dan efektifitas pengelolaan sumberdaya TIK dilakukan melalui
1. Forum Komunikasi TIK, yaitu ICT Executive Forum diperuntukkan bagi Kepala SKPD dan ICT Technical Forum diperuntukkan bagi Tim TIK SKPD.
2. Pengembangan SDM TIK dilakukan melalui Pendidikan, Pelatihan, Workshop TIK.
3. Perencanaan Investasi TIK dikoordinasikan oleh CIO dan Komite TIK.
4. Pengadaan hardware dan software SKPD harus mendapat rekomendasi teknis Diskominfo.
5. Pemeliharaan TIK dilakukan dengan prinsip shared service oleh SKPD Pengelola TIK dan SKPD Pemilik Proses Bisnis.
6. Komunikasi dan Koordinasi Kedinasan menggunakan e-Mail Dinas SKPD, e-Mail Personal Dinas, VoIP
7. Interkoneksi menggunakan jaringan BATIK-Net.
8. Layanan TIK dapat memanfaatkan M-CAP (Mobile), CAP (Broadband Learning Center).

INFRASTRUKTUR
Komunikasi data dan informasi memerlukan infrastruktur TIK. Terkait dengan hal tersebut, Pemerintah Kota Pekalongan telah membangun Metropolitan Area Network (MAN) BATIK-Net. Perkembangan jaringan BATIK-Net tahun 2005-2010 telah menghubungkan 105 titik terdiri atas klaster A Network Operating Control (NOC) sejumlah 35 titik, klaster B Kecamatan Pekalongan Barat sejumlah 17 titik, klaster C Kecamatan Pekalongan Selatan sejumlah 13 titik, klaster D Kecamatan Pekalongan Timur sejumlah 16 titik, klaster E Kecamatan Pekalongan Utara sejumlah 13 titik, dan klaster F Dinas Kesehatan sejumlah 15 titik. Sejumlah 18 titik koneksi menggunakan frekuensi jaringan wifi 2,4 Ghz. Sedangkan, SKDP atau unit kerja yang menggunakan frekuensi jaringan wifi 5,8 Ghz sejumlah 87 titik. Jaringan BATIK-Net dapat difungsikan sebagai intranet maupun internet. Akses internet menggunakan bandwidth ASTINET sebesar 1,5 mbps dengan ratio 1:1 (Upstream:Downstream) dan Speedy dengan kecepatan 3 Mbps downstream dan 512 kbps upstream. Penggunaan sumberdaya akses internet berdasarkan prinsip shared service melalui load balancing.

Pembangunan Network Operating Control (NOC) Jaringan Batik-Net dilakukan secara bertahap. Tahun 2008 s/d 2009 semua SKPD, Kecamatan, dan Kelurahan terintegrasi dalam infrastruktur jaringan Batik-Net. Tahun 2010 s/d 2011 fungsionalisasi jaringan Batik-Net (Kantaya; LEPPK; RENJA; SIMKeu) melalui jaringan Batik-Net. Batik-Net difasilitasi oleh PTIK BPPT.

Komunikasi kedinasan lintas SKPD memerlukan alternatif lain yang lebih murah dan aman disamping telepon, PABX, maupun telepon seluler. Alternatif tersebut menggunakan Voice over Internet Protokol (VoIP).  VoIP terhubung melalui jaringan Batik-Net. Pemerintah Kota Pekalongan telah membangun dan memfasilitasi pembangunan VoIP sejumlah 72 unit.

Dalam pengembangan infrastruktur TIK, Pemerintah Kota Pekalongan telah membangun Local Area Network (LAN) lingkup SKPD dan Wireless LAN lingkup Kota menggunakan jaringan BATIK-Net, baik internet maupun intranet. Jaringan BATIK-Net menggunakan media kabel dan radio secara bersamaan untuk membentuk jaringan utama (backbone) yang menghubungkan masing-masing gedung SKPD di lingkungan Pemerintahan Kota Pekalongan. Media kabel digunakan untuk menghubungkan gedung SKPD yang berdekatan. Sedangkan, media radio digunakan sebagai alat komunikasi untuk gedung SKPD yang berjauhan. Media radio mempunyai 2 (dua) konfigurasi, yaitu konfigurasi Mesh dan konfigurasi Point to Point. Terkait dengan Community Acces Point (CAP), Pemerintah Kota Pekalongan telah mempunyai  47 (empat puluh tujuh) Telecenter LPM di kelurahan se-Kota Pekalongan, 1 (satu) Telecenter UKM Batik City di Pasar Grosir Batik Setono, 1 (satu)  Telecenter Museum Batik, 1 (satu) Telecenter LPPAR, 1 (satu) Telecenter TIK BATIK-Net (Broadband Learning Center), dan 1 (satu) Telecenter Kampung Batik Kauman. Disamping itu, Pemerintah Kota Pekalongan juga telah memiliki 1 (satu) unit Mobile-Community Acces Point (M-CAP). CAP memiliki 2 (dua) fungsi layanan, yaitu unit pembelajaran TIK dan akses internet. Sedangkan, M-CAP memiliki 3 (tiga) fungsi layanan, yaitu unit pembelajaran TIK, akses internet, akses layanan telepon, dan kegiatan diseminasi informasi secara audio visual.

Pusat pembelajaran TIK bagi masyarakat diperluas jangkauannya hingga ke Tingkat RW. Hal ini dilakukan melalui integrasi Perpustakaan & Telecenter di Tingkat RT/RW sebagai Pusat Pembelajaran dan Pemberdayaan  Masyarakat berbasis TIK - Internet Based Kemitraan: Pemkot Pekalongan (Diskominfo, Kantor Perpustakaan); LPM; PKK;  PT. Telkom; BPPT RI. Tahun 2011, akan dikembangkan 8 RW terlebih dahulu sebagai pilot project, dari + 328 RW

APLIKASI
Dalam pengembangan infostruktur TIK, Pemerintah Kota Pekalongan telah mengembangkan aplikasi Government to Government (G2G), Government to Bussiness (G2B), dan Government to Citizen (G2C). Aplikasi G2G meliputi SIMDA Keuangan, SIMDA Barang, Kantor Maya atau KANTAYA, SIM Hukum, SIM LEPPK, SIM RENJA, SIM Kepegawaian, SIM Pengawasan, SIM Kesehatan. Aplikasi G2B berupa SIMPADU, LPSE, BKO. Aplikasi G2C berupa SIM Kependudukan, SISKO TKLN, SMS Center.

Dalam penyediaan informasi publik, Pemerintah Kota Pekalongan telah melakukan pengelolaan website resmi Pemerintah Kota Pekalongan www.pekalongankota.go.id dan memfasilitasi penanganan 14 (empat belas) website resmi SKPD. Pengelolaan website meliputi pengelolaan nama domain, hosting, dan pemutakhiran data/informasi penyelenggaraan pemerintahan/pembangunan.

Program strategis lain terkait dengan penerapan software tidak berbayar dan berkode terbuka (Free Open Source Software)/FOSS. Kewajiban pemakaian dan pemanfaatan perangkat lunak legal dan Free Open Source Software (FOSS) merupakan kebijakan strategis pemerintah dalam penyelenggaraan pelayanan publik bebas pelanggaran Undang-undang Nomor 9 Tahun 2002 tentang Hak Cipta. Pemerintah Kota Pekalongan telah memfasilitasi penerapan legal software berbasis open source di 33 (tiga puluh tiga) SKPD Pemerintah Kota Pekalongan dengan target penuntasan migrasi ke perangkat lunak legal berbasis FOSS sampai dengan Desember 2010. Sasaran migrasi mencakup semua komputer aktif fungsi administrasi perkantoran (olah kata, olah angka, dan bahan presentasi) yang masih menggunakan sistem operasi dan aplikasi perkantoran tidal legal. Target penuntasan meliputi migrasi aplikasi perkantoran OpenOffice sejumlah 668 (enam ratus enam puluh delapan) unit dan sistem operasi distro Linux Ubuntu sejumlah 375 (tiga ratus tujuh puluh lima) unit. Kegiatan fasilitasi penerapan legal software berbasis open source meliputi sosialisasi, pendataan, pelatihan, instalasi, pendampingan, monitoring dan evaluasi.

Pada tahun 2011, migrasi FOSS ditargetkan bagi Non SKPD (174 Unit Kerja) dengan jumlah + 1.000 Unit Komputer. Target Non SKPD antara lain 47 Kelurahan, 7 SMA/SMK Negeri, 17 SMP Negeri, 99 SD Negeri, dan 4 UPTD.

Kebijakan migrasi legal software berbasis FOSS dapat menghasilkan efisensi anggaran berikut.
Tahun 2010
Migrasi Sistem Operasi : 372 unit
Migrasi Aplikasi Perkantoran : 668 unit
Penghematan sebesar + Rp3.6 Milyar
Tahun 2011
Migrasi Sistem Operasi : + 1.000 unit
Migrasi Aplikasi Perkantoran : + 1.000 unit
Penghematan sebesar + Rp6.2 Milyar
Total Penghematan sebesar + Rp9.8 Milyar

PERENCANAAN
Perencanaan pemanfaatan TIK tertuang dalam Perwal No. 46 Tahun 2010 tentang Renstra TI Tahun 2009-2013 dan Perwal No. 9 Tahun 2010 tentang Panduan Umum Tata Kelola TIK.
Perencanaan pemanfaatan TIK didasarkan atas kebutuhan dan kebijakan pengelolaan sumberdaya TIK Pemerintah Kota Pekalongan. Kebutuhan dan kebijakan tersebut dituangkan dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) untuk disampaikan kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah untuk dibahas. Pembahasan dilakukan secara bertahap melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Selanjutnya, RKA dibahas di DPRD menjadi RAPBD. RAPBD dievaluasi oleh Gubernur/Menteri Dalam Negeri menjadi APBD.
Perencanaan TIK pada prinsipnya merupakan sinergi dan konvergensi di level internal SKPD dan kota. Perencanaan TIK memastikan bahwa setiap inisiatif selalu didasarkan pada rencana yang telah disusun sebelumnya dan memastikan bahwa rencana-rencana SKPD sinergis dan konvergen dengan rencana Pemerintah Kota Pekalongan.
Mendasari tata kelola TIK, perencanaan pemanfaatan TIK memperhatikan struktur & peran tata kelola, dan proses tata kelola. Proses tata kelola (Perencanaan Sistem, Manajemen Belanja/Investasi, Realisasi Sistem, Pengoperasian Sistem, dan Pemeliharaan Sistem) didasarkan atas kebijakan umum TIK dan pelaksanaan proses tata kelola dimonitor & dievaluasi. Berikut struktur & peran tata kelola dalam perencanaan pemanfaatan TIK.
a. CIO Pemerintah Kota Pekalongan memfasilitasi perencanaan dan implementasi insiatif TIK lintas SKPD di tingkat kota, khususnya inisiatif TIK prioritas Pemerintah Kota Pekalongan serta mengkoordinasikan perencanaan dan pelaksanaan inisiatif dan portofolio TIK  Pemerintah Kota Pekalongan.
b. Dewan Pendayagunaan TIK Kota Pekalongan membantu merumuskan kebijakan dan arahan strategis pembangunan daerah terkait pendayagunaan TIK.
c. Komite TIK Pemerintah Kota Pekalongan mensinergiskan dan mengintegrasikan Rencana TIK Pemerintah Kota Pekalongan  yang mengakomodir kepentingan seluruh SKPD.
d. SKPD Pengelola TIK bertanggung jawab atas implementasi sistem TIK, sesuai dengan spesifikasi kebutuhan yang diberikan oleh SKPD Pemilik Proses Bisnis dan/atau pengguna TIK.
e. SKPD Pemilik Proses Bisnis bertanggung jawab atas pendefinisian kebutuhan (requirements) dalam implementasi inisiatif TIK.

Namun, perumusan perencanaan TIK tersebut terkendala hal-hal berikut.
a. Kendala anggaran, kinerja berbasis anggaran bukan anggaran berbasis kinerja.
b. Perlunya penyelarasan rencana strategis TIK dengan RPJMD (dukungan arah dan kebijakan umum Kota Pekalongan).
c. Tahapan pengembangan TIK yang tertuang dalam rencana strategis TIK tidak sepenuhnya diacu oleh SKPD dalam pendefinisian dan pemenuhan kebutuhan TIK SKPD.

Perencanaan TIK tersebut perlu dievaluasi dan direvisi. Evaluasi dan revisi perencanaan TIK didasarkan atas kebijakan umum dan hasil monitoring dan evaluasi pemanfaatan TIK. Evaluasi dan revisi perencanaan TIK dilakukan setiap tahun.

Perencanaan strategi pemanfaatan TIK yang telah dilaksanakan dapat dilihat pada pembangunan, pemeliharaan, dan pemanfaatan infrastruktur TIK berupa jaringan MAN yang menghubungkan semua SKPD, Kecamatan, dan Kelurahan telah dilakukan. Pengembangan suprastruktur dan infostruktur TIK juga telah dan/atau sedang dilakukan sesuai dengan kebijakan dan kebutuhan TIK.

Namun, pelaksanaan strategi pemanfaatan TIK terkendala, antara lain.
a. Kurangnya pengelolan manajemen proyek TIK
b. Kurang konsistensinya dengan RPJMD
c. Keterbatasan SDM pengelola TIK

Pelaksanaan pemanfaatan TIK perlu terdokumentasi. Dokumentasi pemanfaatan TIK Kota Pekalongan sudah ada dan terdokumentasi dengan baik. Hal ini berdampak pada tertib administrasi dan tertib pengelolaan sumberdaya TIK.

AGENDA TIK
Pengembangan dan pemanfaatan TIK merupakan proses berkelanjutan yang perlu diagendakan lebih lanjut. Agenda TIK ke depan, antara lain Penyelarasan RENSTRA TIK dengan RPJMD; Penyesuaian Regulasi TIK dengan Nomeklatur SOTK Baru; Penyusunan Kebijakan TIK berupa Perda, Perwal, dan Kepwal; Pengembangan dan Pemanfaatan Data Center; Pemeliharaan dan Pemanfaatan Jaringan Batik-Net; Optimalisasi VoIP; Pengembangan Tata Naskah Dinas Elektronik; Monitoring dan Evaluasi Migrasi FOSS; Migrasi dan Integrasi Aplikasi/SIM berbasis FOSS; Optimalisasi Website SKPD; Optimalisasi KANTAYA; Capacity Buliding menggunakan BLC, telecenter, M-CAP; Pengembangan Aplikasi/SIM Barang, Kepegawaian, Gaji, LAKIP
Pengembangan aplikasi/SIM fungsi kepemerintahan lainnya (fungsi dasar umum maupun fungsi kedinasan dan kelembagaan); Kemitraan dengan stakeholder TIK.

HARAPAN PeGI
PeGI diharapkan tidak hanya sebagai feedback bagi daerah. Namun, PeGI sebaiknya ditindaklanjuti dengan program dan kegiatan TIK kolaboratif yang berkesinambungan antara pemerintah daerah dan Kemenkominfo untuk menyempurnakan kekurangan hasil monitoring dan evaluasi pengelolaan sumberdaya TIK bagi daerah.
Assessment PeGI sebaiknya tidak hanya dengan dilakukan melalui pertemuan 1,5 jam wawancara yang disertai penyajian bukti administratif, melainkan disertai kunjungan lapangan di daerah peserta PeGI.
(KADIA)



Berita

Kota Pekalongan Masih Endemis Filariasis

 Dinkes menggelar rapat koordinasi dalam rangka menggelar POMP Filariasis pengulangan tahun kedua, Senin (16/7).

siti|Rabu, 18-07-2018|(hits:25)

Jam Keberangkatan CJH ke Donohudan Ada Perubahan

 Jadwal keberangkatan calon jamaah haji Kota Pekalongan, yang tergabung dalam Kloter 8 dan 9 Embarkasi Solo menunu asrama haji Donohudan mengalami perubahan waktu.

siti|Rabu, 18-07-2018|(hits:30)

 

17 Nama Calon Pengurus Dewan Pendidikan Diajukan ke Walikota

Dewan Pendidikan Kota Pekalongan menggelar Musda untuk memilih kepengurusan masa bakti 2018-2023. Ada 17 nama calon pengurus yang diajukan tim formatur untuk mendapatkan persetujuan walikota.
 

siti|Rabu, 18-07-2018|(hits:25)

Pembebasan Lahan Pelebaran Jembatan Grogolan Jadi Kendala

Pekerjaan pelebaran sisi selatan Jembatan Grogolan Kota Pekalongan terus berlanjut, kemarin.

siti|Rabu, 18-07-2018|(hits:25)

 
Repositori Berita SKPD

Berita Yang Lain


Galeri Foto Instagram

ARTIKEL

Rabu, 24 Juni 2015 | pukul : 08:58:45

JARENE wong tuwo-tuwo, saiki “udan salah mongso”. Kamsude, denese wis mlebu usum ketiga, alias panas, tapekno udane zik sregep bae. Saking sregepe, pas panas-panas semelet be ujug-ujug udan. Udan kethek..., udan kethek, jah cilik-cilik jaman sakmono senengane

Selasa, 21 April 2015 | pukul : 14:35:55

       PIRANG–pirang ndino kiye rasane ilat gel sepo kae, batine mbak Jum. Ketoke pingin tauto, jebulno bareng liwat Sayung apak tuku, wis ora sido pingin. Mangan tik jangan lodeh, pindang banyar? Pernahe bosen. Jangan asem tik sambel cucut? 

Rabu, 08 April 2015 | pukul : 13:51:08

 WARUNGE Yu Trimah zik ketiban rejeki. Pirang-pirang ndino entuk pesenan sego nggo rapat persiapan panitia ulang tahune Kota Pekalongan. Nek jajanan pancen kadek toko roti legendaris Pekalongan, tapekno nak urusan sego, bejo wis

Rabu, 01 April 2015 | pukul : 09:27:30

 SELOT suwi, howone selot semromong kiye pernahe. Zik cok ono udan po-o, nak wis punjul kadek jam 9 isuk, srengengene wis mencureng. Gulu tapuk drejesan, pingine ngligo, nek pantes mono. Warunge Yu Trimah zik mending silir, asale ono wit kersem gedi sing ngiyupi warung.

Rabu, 25 Maret 2015 | pukul : 14:03:21

 SEDINO udan, patang ndino panas. Sedino udan, telung ndino panas. Penak kiye rekene.. Lemah ora do jeblok, tapi nek panas ora kemebul marakke klilipen. Howone semedengan, ora petiyo semromong. Nek entuk ngarani mono, njaluke howone ko kiye terus.

Rabu, 11 Maret 2015 | pukul : 10:46:34

WIT kersem nang ngarep warunge Yu Trimah ketok ademe pok. Godhonge cilik-cilik alus, rempet thutuke, kenang angin semodok banter po-o, obahe kalem othok. Yu Trimah nyawang Atun ngrajuki kersem sing mateng abing-abing kadek njero warung, gugu dewe.

Rabu, 04 Maret 2015 | pukul : 09:37:21

WIS lebar imlekan, Udane wis ora patiyo kerep, Mlayan, wis biso tapuk mepe krupuk karo-an rengginang maneh. Seje kuwi othok, Atun, rewange Yu Trimah bungah, biso mepe rajangan puline. Deknen zik seneng-senenge nggawe krupuk puli tik turahan sego,

Rabu, 25 Februari 2015 | pukul : 10:25:48

WIS dadi adate wong Pekalongan, nek kojahan perkoro jaman mbiyek, mesti juwete pok. Bicoro kojahan perkoro jajanan be ho, kabeh simpenan metu kabeh. Kadek growol, ongol-ongol sampek genthe reye sak brayate, glali, arum manis, sampek

Rabu, 18 Februari 2015 | pukul : 09:52:54

WARUNG wis entek-entekan kiye, padahal zik awan. Mau bar ditekani rombongan panitia reunian SMP siji. Ejian ah kemrubut ramene gel pok. Reunine sik suwi po-o grumungane wis ket yahmene. Ono sing kadek Jakarta, Cerbon, Semarang,

Rabu, 11 Februari 2015 | pukul : 15:11:50

ATUN entuk gaweyan anyar kiye, isuk-isuk nyeseti sol teplek sing nggedibel kenang belok lemah teles. Kuwi denese tepleke wong loro othok, Yu Trimah karoan anake, Fatimah. Tapekno wong siji nduwe teplek loro, nggedibel kabeh

Rabu, 04 Februari 2015 | pukul : 15:01:25

ZIK do jagokan, grumungan nang warunge Yu Trimah kae... Udane wis selot kerep, cok-cokan diimbuhi angin, marakke larahan kadek godong-godong sing logrok, akehe pok. Nek ora gagiak disaponi, latare bisa ting slengkrah ora petho.

Selasa, 27 Januari 2015 | pukul : 14:41:04

YHAKIN po-o nyong ora getun, nak Pekalongan biso entuk gelar Kota Kreatip Dunia. Temenan wis. Ora getun tur opa apak getun, mbuh priye kuwi mbijine, padahal kutho Pekalongan kuwi akeh dikritik si. Ono sing kondo, ora nduwe taman kota.

Kamis, 28 Agustus 2014 | pukul : 06:18:11

YU Trimah semodokan mumet kiye. Wis jam pitu, wis wayahe wong do marung, tapekno durung kabeh lawuh mateng. Horeg-horeg tempe tembene pak digawe, garang aseme tesan thok diumobke. Pincang teri durung digoreng, ngenteni mengko bar nggoreng

Rabu, 20 Agustus 2014 | pukul : 11:50:35

TASRIPIN ngulapi kringete sing drejesan. Padahal zik isuk si, kringet biso sak blendhung-blendhung, ora biso dimpet. Nyetarter motore ket mau gel or biso-biso. Kadek nyetarter biasa sampek dipancal sak kayange, tetep ora biso. Nggagar kiye, sarapan megono karo tempe mbel-mbele Yu Trimah biso sakkal luntur kiye.

Kamis, 24 Juli 2014 | pukul : 11:40:17

Terdapat 549 kabupaten/kota di Indonesia, dengan pemimpin (bupati/walikota) dipilih secara langsung oleh warga. Dari sejumlah itu, ada sebagian yang mampu unjuk gigi sebagai daerah yang berhasil menampilkan diri sebagai

Rabu, 25 Juni 2014 | pukul : 08:42:20

DURUNG ono jam pitu esuk, srengengene wis mencorong niate pok. Suket karoan godong kersem do ting kerlip, turahan udan mau mbengi. Angine semribit alus, nggowo kebul kadek pawon warunge Yu Trimah. Pidang teri, pindang banyar, tempe glepung mbel-mbel, megono, acar lobis, mambune semerit ketuk ngendi-endi ora.

Rabu, 11 Juni 2014 | pukul : 09:10:04

USUM preinan jah sekolah kiye, kambek ngenteni pengumuman lulusan sing do UAN. Timbang lap-lapan terus, suko pisan-pisan pihnit mayeng bae enco? Karang saiki sitik-sitik digawe marakke lap-lapan owk. Apak pilpres be akeh sing do stres. Mben ndino podo perang nyek-nyekan liwat sms, bbm, utowo fesbukan.

Jumat, 30 Mei 2014 | pukul : 13:04:10

ZIK enak-enak dho mangan nang warunge Yu Trimah, moro-moro Atun nang latar ngromet-ngromet kambek idu, pernahe pak mlukok, Hidikae ida-idune bantere pok sampek sing dho marung krungu. Terang bar, Atun dipenthelengi Yu Trimah, asale njelehi owk, gei ora sopan kae si.

Senin, 12 Mei 2014 | pukul : 09:28:30

JAH sekolah sak Indonesia Raya jik do prihatin kiye. Sing SMA zik deg-degan ngenteni pengumuman lulusan UN; sing SMP zik nglakoni UN, kurang sedino maneh ngesuk; sing SD zik diteter kon nyiapke ujian sekolah (US) kanggo kelulusan (saiki ra ono UN kanggo SD, onone US), hidilah nyara kowe

Kamis, 24 April 2014 | pukul : 15:08:25


KAE... zik do rakhat gluwehan perkoro poto setudio jaman sakmono. TKP ne biasa.. nang ndi maneh nek ora nang warunge Yu Trimah, karang panggonane kuwi penak dinggo nglumpuk nghang grumungan. Warunge jembar, pernahe silir asale ono wit kerseme gedi. Pangananae ajib sedepe, ora sah pijar dikondo wis.. kabeh tah wis reti.


Rabu, 16 April 2014 | pukul : 09:20:54

Nang Warunge Yu Trimah rekene jik do kojahan perkoro BPJS kiye, reti si ho, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial? Sing rame, wong-wong do luru kertu jaminan kesehatan. Karang kudune semboyane

Selasa, 01 April 2014 | pukul : 10:50:36

MBAK Jum mlebu warunge Yu Trimah kambek setengahe lesoh kae si. Rambute sing biasane digelung cilik tapi rajin, ketok semodokan mleyot. Raine kileng-kileng asale pupure wis tapuk luntur. Moro-moro sakkal njaluk es jeruk rung gelas sisan, saking ngoronge.

Kamis, 13 Maret 2014 | pukul : 15:40:49

NAIK kereta api, tut..tut..tut.. siapa hendak turut ke Bandung, Surabaya.. bolehlah naik dengan percuma.. sopo sing kilingan lagu kuwi? Nek do kojahan perkoro sepur, kerep-kerepe yo kilingan. Kuwi lagu ket Turmudi jik cilik.

Senin, 10 Maret 2014 | pukul : 12:58:31

BANJIRE wis do surut. Udane wis tapuk gelem dijak brayan, biso disambati, kon liren ndisik. Gendheng borot ben biso dibenekke, gribik bodhol podo ditembeli. Jobin krowok dileponi meneh. Podo ndandani omah sing maune ora petho goro-goro kanclup banjir.

Kamis, 27 Februari 2014 | pukul : 15:06:25

ISUK – isuk wis lebar masak, Yu Trimah direwangi Fatimah, anake karo Atun tapuk noto dodolane nang warung. Baskom megono, sotong ireng, otot karo horeg-horeg tempe wis kemebul nang mejo. Sing liyane zik temumpang kompor, ono opor, acar lobis, panggang cucut, mengko sing palig keri , nggorengi tahu sumpel karo tempe mbel-mbel.

Kamis, 20 Februari 2014 | pukul : 15:01:09

REKENE wis do bosen kojahan perkoro udan karo banjir, suko do kojahan nostalgia jaman cilik. Malah do ece-ecenan, jare yu trimah, tangane turmudi bisone methekol mergo kakehan di cethoti simake asale tambenge pok.

Kamis, 13 Februari 2014 | pukul : 10:33:07

BAR digrendengi srengengene sregep, angin banter maneh, marakke lap-lapan, bakale udan gedi meneh, banjir meneh. Wis ah, bosen kojahan perkoro udan karo-an banjir. Mengko marakke mumet othok. Karang nyatane dadine banjir sak kota mergo kesuwen “salah urus” lingkungan sakmono suwine,

Jumat, 07 Februari 2014 | pukul : 14:34:22

DHENGAREN warunge semodokan sepi, asale udan ngrekicek terus ket wingi sore. Pokoke zik murah banyu kiye, ndonya zik diglontor, rekene zik dikumbah ping bola bali. Bicoro banjir be biso ping limo sewulan. Jaman cilik mbiyek, nak pas banjir dipenging metu kadek omah, men sikile ora do rangen utowo kenang penyakit liyane.

Jumat, 24 Januari 2014 | pukul : 10:18:03

EJIAN... udan pirang – pirang ndino gel ora ono kesele kae. Mandeg limang menit be ora gelem. Semodokan mending sedilut, bar kuwi deres meneh. Bicoro bledhek be wis kesel, wis ora tau muni meneh, udane zik anjut bae, selot suwi selot atis howone sampek njedindil.

Kamis, 23 Januari 2014 | pukul : 14:51:32

NANG Warung megonone Yu Trimah zik juwet kojahan perkoro druwang, kadek druwang koran bekas ketug druwang merang jaman mbiyek. Mangklihe dadi kilingan jaman sekolah. Karang sing kojahan nang warung umure remo-remo. Ono sing zik enom koyo Tasripin,

Rabu, 15 Januari 2014 | pukul : 10:27:23

UDAN wis tapuk ngrekicek. Pekalongan wis atis tur ngecembeng meneh. Nang endi-endi blethok nglatri. Nak mlaku tik teplek japit, keceplak-keceplok, rok opo clonone biso keciratan kabeh. Sing marakke mbedhegel, nak wis adus, lungo maring nggili sedilut. Mlaku wis mlipir-mlipir ngendoni banyu ngecembeng karo blethok, malah ono montor liwat kenang jeglongan sing ngecembeng,

Senin, 30 Desember 2013 | pukul : 12:45:45

SIMAKE Atun, rewange Yu Trimah arane Lik Uripah, teko kadek ndesone, niliki. Jare pak nunut nginep limang ndino, pingin reti Kota Pekalongan. Turune ngglundhung nang warung po-o gelem, jarene. Hidilah melas temen, gening nang warung ngancani Timus, kucinge telone Yu Trimah.

Jumat, 20 Desember 2013 | pukul : 14:30:17

TASRIPIN, tukang ojek langganane Yu Trimah, ket mau isuk dugal dewe karo rambute. Wis digaroni po-o jik mumbul terus koyo wong tesan tangi turu. Dibiyak pinggir, sigarane ora biso roto, asale uyeng-uyenge ono loro. Dibiyak tengah, raine ketok wagu. Digaroni memburi, dadi jambulen.

 

Kamis, 12 Desember 2013 | pukul : 11:06:54

MAMBU plastik kobong, gel nyenggrak nang irung kae. Wong sak warung keplepeken kabeh, candak kebul larahan sing ijik diobong Atun, rewange yu Trimah. Ji Fathur sampe wauk-watuk. Casmadi, supire, gagiak ngelungke banyu wantah ben semodokan lego. Kiye cah siji karang ngengkele pok, wis dikandani ojo ngobong runtah nang kono, kebule mlebu ring warung kabeh ndaraki opo,” Yu Trimah marani Atun, gregetan kae si.

Rabu, 04 Desember 2013 | pukul : 08:25:45

ATUN nyaponi pekarangan warung kambek lingak-linguk, asale ket mau slenthing mambu baseng. Coke ono bathang tikus, mbuh bang endi. Diluru nang pedheke kolang-kolang, ora ono. Nang ngisore wit lompong sebelahe jugangan runtah, podo bae longko. Ngisore wit kersem resik, nono slempitan opo-opo. Hidikae, selot sudi selot breng-brengan mambune. Atun sampek idu ping sewelas.

Senin, 18 November 2013 | pukul : 14:10:18

Nang warunge yu Trimah, wong-wong zik do kojahan perkoro Kyai Abdul Gaffar Ismail. Mbiyek, saben malem selasa bakda isya Pak Kyai nganakke pengajian terkenale “Pemasa”, alias pengajian Malam Selasa, ojo takok kowe sing do teka. Biso regudugan kadek ngendi-endi. Semarang, Batang, Tegal Cerbon, ketug Linggarjati, sampek untel-untelan. Biso diarani pengajian legendaris Pekalongan, karang Pak Kyai Abdul Gaffar

Kamis, 07 November 2013 | pukul : 09:35:15

JI Fathur ket mau njinggleng namati hapene. Saiki SMS gel remo-remo kae, cok marakke gugu, tapi kerep-kerepe marakke umbrus. Maune, usum SMS sing ngakune kadek papa-mama, do sregep njaluk pulsa. Ono sing jarene zik urusan karo polisi. Hidikae, bicoro njaluk pulsa pirang ewu be, dilampu ngapusi. Sing bingungan, biso kecelik kuwi. Sing jengkelan koyo trasripin, pingine mangsuli. Padahal jarene, nek diwangsuli, pulsane dewe cok keserot. Bonggan wis. Ji Fathur gedek-gedek.

Senin, 04 November 2013 | pukul : 10:08:48

ATI-ATI, saiki usum wong klilipen. Ojo diucek-ucek mripate, mengko bisa abang. Malah cok biso lodhoken nom barang. Jare simbah, nak klilipan suko sakkalan merem, anteng ndisik sakmenit, men banyu eluhe metu dewe, ngko nghang dikedep-kedepke, klilipe bakal metu dewe. Nak diucek-ucek, klilipe malah selot mlebu, tur biso marake tatu. Nak tik coro kuwi tetep izik ngganjel, suko mripate dirimbang, tik burwater sing dituang nang gelas cilik khusus ngko ngekum mripate kae si.

Senin, 21 Oktober 2013 | pukul : 04:18:36

MBAK Jum nak numpak sepeda montor, saiki tambah rapet. Wis nganggo helm sing ono kocone po'o, tetep nganggo slayer nggo nutupi irung karoan cangkeme. Asale panas njethet koyo saiki, angine gedhi nggowo beldug sak kekehan. Balik nak ora ditutupi, biso-biso klebon kabeh. Biso watuk mengguk. Opo meneh awake, selot rapet meneh. Tik jaket brukut, tangane zik dikrukupi sarung tangan nombarang. Cok diece karo Farida anake, jare wedi nak tangane geseng. Pak ora si... karang panase semelet owk.

Jumat, 18 Januari 2013 | pukul : 03:57:05

Penduduk miskin di Kota Pekalongan mendapat pelayanan berobat gratis melalui program Jamkesmas dan Jamkesda. Pelayanan pengobatan gratis ini meringankan beban warga yang berpenghasilan tak menentu itu. Pengobatan gratis ikut andil menurunkan angka kematian balita dan kasus gizi buruk.

Selasa, 08 Januari 2013 | pukul : 09:06:48

Dalam dua tahun terakhir pembangunan infrastruktur gencar dilaksanakan di Kota Pekalongan, meliputi pembangunan tanggul pemecah gelombang, tanggung untuk mengatasi banjir dan rob, jalan, jembatan, drainase dan lain sebagainya.

Senin, 17 Desember 2012 | pukul : 08:57:30

Berbicara tentang batik tentu tak bisa dipisahkan dari Kota Pekalongan, karena daerah ini salah satu penghasil batik terbesar di Indonesia. Batik Pekalongan bukan hanya terkenal di Indonesia, namun juga terkenal di mancanegara karena berkualitas bagus.

Kamis, 13 Desember 2012 | pukul : 09:20:17

Koperasi Simpan pinjam (Kospin) Jasa yang berkantor pusat di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, adalah koperasi yang fenomenal dan terbesar di Indonesia. Koperasi yang mensyaratkan anggotanya adalah pedagang ini memiliki 95 kantor cabang di sejumlah daerah di Indonesia, beraset Rp 2,8 triliun pada September 2012, perputaran uang mencapai Rp 3 miliar – Rp 3,4 miliar per hari ...

Jumat, 27 Juli 2012 | pukul : 01:58:07

Untuk mengisi program, pengelolaan bekerja sama dengan Pustekkom Kemendikbud dan Universitas Gunadarma Jakarta. Wali Kota Moh Basyir Ahmad juga berjanji mengisi dengan porsi tayangan pendidikan yang memadai. Kehadiran stasiun televisi berslogan “Ajib” (ajaib, dailek Pekalongan) mendapat sambutan baik dari pemirsa.

Jumat, 20 Juli 2012 | pukul : 01:33:36

PKH adalah program pemberian uang tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan dengan melaksanakan kewajiban.

Senin, 12 Maret 2012 | pukul : 00:41:58

Setiap kota pasti memiliki arti tersendiri bagi para penghuninya. Demikian pula dengan Kota Pekalongan, kota ini dengan ‘setia’ dihuni oleh penduduk yang memiliki persamaan, apakah itu persamaan cinta atau karena kebutuhan kerja dan berkarya di Kota Batik ini. Mari kita telaah lebih dekat lagi, bagaimana mengembangkan city Branding Pekalongan World’s City of Batik.

Jumat, 10 Februari 2012 | pukul : 01:07:14

SEBUTAN ceholak mungkin asing di telinga anak-anak Pekalongan masa kini .Namun bia mendengar kata udik-udikan ,tentu pikiran langsung tertuju pada sedekah berupa uang receh sebagai pertanda tolak balak yang dibagi-bagikan dengan cara dilempar didepan rumah dan diperebutkan warga yang sudah menunggu .

Kamis, 12 Januari 2012 | pukul : 01:35:16

SEBUAH tugu kecil berbentuk mirip bus surat tampak menjorok pada trotoar lapangan jetayu Kota Pekalongan.

Bagi pengendara dari arah Museum Batik Nasional atau dari Jembatan Loji yang hendak menuju kantor pos Pekalongan, bisa membaca tulisan mylpaal yang dipahat pada bagian atas yang didominasi warna hijau tersebut.

Jumat, 23 Desember 2011 | pukul : 10:27:26

Kota batik Pekalongan di pertengahan tahun 1960an menyambut fajar dengan kabut tipis , pukul setengah enam pagi polisi muda Royadin yang belum genap seminggu mendapatkan kenaikan pangkat dari agen polisi kepala menjadi brigadir polisi sudah berdiri di tepi posnya di kawasan Soko dengan gagahnya.

Jumat, 28 Oktober 2011 | pukul : 08:57:33

Tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik. Tahun 2009, batik mendapat pengakuan internasional dari UNESCO sebagai warisan budaya asli Indonesia. Animo masyarakat terhadap batik kian tinggi.Seiring dengan itu, industri batik pun berkembang. Sebagai busana, produk batik kian modern dan gaya.

Selasa, 11 Oktober 2011 | pukul : 01:16:52

Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI) merupakan salah satu kegiatan evaluasi dan pemetaan pengembangan dan pemanfaatan TIK di lingkungan pemerintah, baik propinsi, kabupaten/kota maupun departemen dan lembaga non departemen. PeGI diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Cq. Direktorat e-Government.

Minggu, 02 Oktober 2011 | pukul : 02:28:47

Oleh: Umar Syadat Hasibuan. Tajuk harian Kompas, ”Absennya Pelayanan Publik”, (6/9/2011), menarik untuk didiskusikan kembali. Pelayanan publik menjadi persoalan serius karena birokrasi di negeri ini masih bersifat retoris dan lamban dalam bekerja. Harus diakui, perkembangan birokrasi di negeri ini masih jauh dari ideal.

Selasa, 02 Agustus 2011 | pukul : 08:23:59

Oleh: Aan Jindan.  “Branding is one of the most powerful ways of promoting product” (Willy Ollins, 1989). Dengan mengacu pada kalimat wally ollins ini, bagaikan suatu produk, branding mempunyai kekuatan untuk mempromosikan suatu kota. Dengan adanya globalisasi maka semakin berkembanglah suatu kota. Setiap tempat akhirnya harus “bersaing” dengan kota lain untuk mendapatkan dan mengumpulkan atensi. Tidak berbeda

Kamis, 28 Juli 2011 | pukul : 21:50:05

Salah satu bahaya dari kesuksesan adalah rasa nyaman dan puas diri menikmati kesuksesan di masa kini itu, sehingga kita malas mengambil inisiatif baru sebagai investasi untuk sukses di masa depan. Padahal, situasi terus berubah dan kesuksesan saat ini tidak menjamin kesuksesan di masa depan. Untuk itu, kita harus berani keluar dari zona nyaman dan memulai inisiatif baru.

Senin, 18 Juli 2011 | pukul : 04:47:53

Banyak peningglan seni budhaya khas pekalongan yang bila digali-dipelajari dan dikembangkan akan merupakan tambahan khasanah seni budhaya daerah dalam rangka memperkaya kebudhayaan nasional.

PENGUMUMAN/AGENDA

Selasa, 26 Juni 2018 | pukul : 07:09:46

PD. BPR BKK Kota Pekalongan memberi kesempatan kepada masyarakat untuk menjadi Calon Tenaga KOntrak dengan ketentuan sebagai berikut

Kamis, 01 Maret 2018 | pukul : 07:56:02

Lomba Film Pendek iklan Layanan MAsyarakat (ILM) Tahun 2018

Jumat, 22 September 2017 | pukul : 13:26:55

Menindaklanjuti Surat Ketua Komisi Pemilihan Umum Prov. Jawa Tengah nomor 530/PL.03.2-SD/33/PROV/IX/2017 tanggal 11September 2017perihal Publikasi mengenai Jumlah Dukungan dan Sebaran Minimal Persyaratan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan

Selasa, 29 Agustus 2017 | pukul : 08:21:35

Menunjuk pengumuman Panitia seleksi terbuka calon jabatan Nomor 01/Pansel-JPT/VIII/2017 tanggal 25 Agustus 2017 dengan hormat disampaikan sebagai berikut klik disini

Selasa, 25 April 2017 | pukul : 08:53:20

Bahwa dalam rangka menyemarakkan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017 dengan tema nasional : "Percepat Pendidikan yang merata dan Berkualitas" tema Pekalongan : "Dengan Semangat Hari Pendidikan Nasional Kita Percepat Pendidikan Di Kota Pekalongan Yang Bermutu, Berkeadilan, Berkarakter dan Berbudaya"

Rabu, 29 Maret 2017 | pukul : 08:34:25

Menunjuk Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 125/S.SM.01.00/2017 tanggal 1 Maret 2017 tentang Penerimaan Calon Pendidikan Kedinasan Tahun 2017

Rabu, 15 Maret 2017 | pukul : 11:33:50

Kementerian Perhubungan RI melalui Sekolah Tinggi Transportasi Darat memberikan kesempatan kepada Putera/Putri terbaik untuk mengikuti seleksi calon taruna tahun ajaran 2017/2018 melalui mekanisme pola pembibitan adapun program studi selengkapnya klik disini

Rabu, 15 Maret 2017 | pukul : 09:10:12

Dalam rangka peringatan hari jadi Kota Pekalongan yang ke-111 tahun 2017, Pemerintah Kota Pekalongan akan mengadakan berbagai rangkaian kegiatan yang melibatkan seluruh komponen masyarakat

Rabu, 08 Maret 2017 | pukul : 11:47:56

Diberitahukan bahwa Pemerintah Kota Pekalongan membuka kesempatan kepada yang berminat dan memenuhi persyaratan untuk diangkat sebagai Direktur PD BPR Bank Pekalongan Periode 2017-2021 selengkapnya klik disini

Kamis, 23 Februari 2017 | pukul : 14:08:44

Pendaftaran Seleksi Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekda Kab. Tegal Secara Terbuka kilk disini

Selasa, 01 November 2016 | pukul : 08:29:14

Dalam rangka menggali potensi budaya masyarakat Kota Pekalongan Mengadakan Lomba Desain Motif Tenun Khas Kota Pekalongan,

Selasa, 11 Oktober 2016 | pukul : 10:51:11

Nama-nama pemenang lomba fotografi sebagaimana telah diumumkan pada acara Penutupan Pekan Batik Nusantara Kota Pekalongan Tahun 2016 di lapangan Jetayu tanggal 9 Oktober 2016 adalah

Kamis, 29 September 2016 | pukul : 09:57:01

Ikuti Lomba Photography "Pesona Wisata Batik Pekalongan" selengkapnya klik disini

Kamis, 01 September 2016 | pukul : 11:10:08

Tahap pendaftaran dan penyerahan karya peserta telah ditutup pada tanggal 27 Agustus 2016. Selanjutnya pengumuman pemenang dan penyerahan piala bagi pemenang akan dilakukan pada Malam Penganugerahan Pemenang pada tanggal 3 September 2016 Jam 19.30 WIB. Info ini sekaligus juga merupakan undangan terbuka bagi peserta lomba untuk

Selasa, 09 Agustus 2016 | pukul : 09:49:45

Untuk mewujudkan ekonomi kreatif sebagai kekuatan ekonomi baru Kota Pekalongan, maka kreativitas dan inovasi harus diarusutamakan di setiap sektor kehidupan bermasyarakat. Prosesnya bisa dilakukan melalui jalur formal pendidikan di sekolah ataupun melalui jalur non formal seperti

Senin, 23 Mei 2016 | pukul : 10:01:56

Menunjuk Pengumuman Panitia Seleksi Calon Sekretaris Daerah Kota Pekalongan secara terbuka nomor 01/pansel-sekda/v/2016 tanggal 18 mei 2016, informasi selengkapnya mengenai tahapan seleksi dapat dibuka melalui website bkd.pekalongankota.go.id,  selengkapnya klik disini

Rabu, 11 Mei 2016 | pukul : 10:48:15

Memperhatikan Surat Gubernur Jawa Tengah Nomor 411.1/000272 tanggal 5 Januari 2016 perihal BBGRM XII Tahun 2016, bahwa dalam rangka menggelorakan semangat gotong royong dan memupuk kembali nilai-nilai budaya bangsa, selengkapnya klik disini

Jumat, 22 April 2016 | pukul : 14:09:23

Seleksi Pemilihan Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional Kota Pekalongan periode 2016-2021, telah melaksanakan pentahapan proses seleksi calon BAZNAS Kota Pekalongan sudah sampai pada pemilihan sebanyak 10 orang selengkapnya klik disini

Kamis, 21 April 2016 | pukul : 15:32:26

Pengumuman Penerimaan Calon siswa/siswi taruna/taruni pada Kementerian/Lembaga yang memiliki ikatan Dinas, dengan ini diberitahukan bahwa Pemerintah Kota Pekalongan akan memfasilitasi penyelenggaraan seleksi penerimaan Taruna/taruni STTD TA 2016/2017 selengkapnya klik disini

Kamis, 21 April 2016 | pukul : 14:56:30

Pengadaan Pegawai PD BPR Bank Pekalongan Tahun 2016 klik disini

Kamis, 14 Januari 2016 | pukul : 11:46:03

Menindaklanjuti Surat Gubernur Jawa Tengah  Nomor 800/007 Tanggal 12 Januari 2016 perihal pemalsuan undangan CPNS, selengkapnya klik disini

Rabu, 13 Januari 2016 | pukul : 19:04:42

Pengumuman Kerjasama Pengelolaan Retribusi Parkir Khusus

Jumat, 18 Desember 2015 | pukul : 13:05:15

Dalam rangka percepatan pembangunan Jawa Tengah untuk mewujudkan visi : Jawa Tengah Sejahtera dan berdikari, mboten ngapusi, mboten ngapusi. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah me-launching branding Jawa Tengah yakni : Jateng Gayeng pada puncak peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah ke-65 di Kabupaten Banyumas.

Kamis, 10 Desember 2015 | pukul : 15:13:31

Kapolres Pekalongan Kota menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Kota Pekalongan dan mengajak untuk selalu waspada terhadap modus penipuan melalui telepon manula, HP dengan dalih sebagai berikut : selengkapnya klik disini

Jumat, 27 November 2015 | pukul : 14:17:19

Pengumuman Pemenang Lomba Konten Kreatif Digital Pekalongan Animation Competition Tahun 2015

Senin, 26 Oktober 2015 | pukul : 11:12:46

Pengadaan Calon Tenaga Non PNS RSUD Bedan Kota Pekalongan Tahun 2015  selengkapnya klik disini

Rabu, 07 Oktober 2015 | pukul : 14:09:38

Menunjuk Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 892.1/5612/SJ tanggal 2 Oktober 2015 tentang Seleksi Penerimaan Calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri Tahun 2015,selengkapnya klik disini

Jumat, 11 September 2015 | pukul : 11:02:25

Pemerintah Kota Pekalongan c.q Dinas Perhubungan, Pariwisata dan Kebudayaan akan menyelenggarakan Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Tingkat Kota Pekalongan Tahun 2015 selengkapnya klik disini

Selasa, 01 September 2015 | pukul : 15:41:36

Lomba Iklan Layanan Masyarakat dalam rangka pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pekalongan Tahun 2015 selengkapnya klik disini

Senin, 29 Juni 2015 | pukul : 08:00:03

Berdasar surat dari Ketua Sekolah Tinggi Transportasi Darat Nomor UM.002 / VI/508/STTD.2015 tanggal 26 Juni 2015 perihal Pengumuman Tes Potensi Akademik SIPENCATAR Pola Pembibitan Tahun 2015, bersama ini kami sampaikan nama – nama peserta seleksi SIPENCATAR

Selasa, 23 Juni 2015 | pukul : 09:50:55

Hasil Seleksi SiPENCATAR STTD Pola Pembibitan Pemkot Pekalongan selengkapnya klik disini

Jumat, 08 Mei 2015 | pukul : 09:23:53

Dalam rangka melaksanakan pembangunan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi yang menitikberatkan pada peningkatan peran masyarakat melalui budaya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi, Pemerintah Kota Pekalongan bermaksud menyelenggarakan kegiatan Penganugrahan Penghargaan Kreativitas dan Inovasi (KRENOVA) selengkapnya klik disini

Senin, 04 Mei 2015 | pukul : 10:57:14

 Menindaklanjuti Surat Keputusan Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Darat Nomor SM.001/1/SK.12.PPSDDMP2015 tentang pedoman Pelaksanaan Seleksi Penerimaan Calon Taruna Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan melalui Pola Pembibitan di Sekolah Tinggi Transportasi Darat, Selengkapnya klik disini.

Jumat, 24 April 2015 | pukul : 11:11:32

Menunjuk surat Menteri Dalam Negeri Nomor 821.21/1931/SJ tanggal 17 April 2015 perihal Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Kementrian Dalam Negeri, sebagaimana tersebut dalam pokok surat selanjutnya klik disini

Rabu, 25 Maret 2015 | pukul : 16:06:16

 Guna mendapatkan PNS terbaik untuk pengisian kekosongan jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kepala Biro Umum Setda Provinsi Jawa Tengah, akan dilaksanakan melalui seleksi secara terbuka yang pendaftarannya dimulai pada tanggal 9 s/d 27 Maret 2015 jam 23.59 WIB. selengkapnya klik disini

Rabu, 25 Februari 2015 | pukul : 08:21:16

Undangan Penyerahan Keputusan Pengangkatan CPNS Pelamar Umum Formasi Tahun 2014 klik disini

Jumat, 19 Desember 2014 | pukul : 14:14:05

Daftar Peserta yang dinyatakan Lulus Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kota Pekalongan Tahun 2014 klik disini

Selasa, 25 November 2014 | pukul : 11:51:56

Laporan Hasil computer Assisted Test TKD Seleksi CPNS Formasi Umum Tahun 2014 Pemerintah Kota Pekalongan

Jumat, 21 November 2014 | pukul : 04:56:31

Pengumuman Calon anggota penitia pengawas pemilihan Bupati dan Walikota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015 selengkapnya klik disini

Selasa, 18 November 2014 | pukul : 12:26:41

Pekalongan Photo Competiion Membidik potensi wisata Kota Pekalongan selengkapnya klik disini

Minggu, 12 Oktober 2014 | pukul : 04:51:38

Hasil Rakor Komisariat Wilayah III APEKSI 2014 klik disini

Sabtu, 04 Oktober 2014 | pukul : 16:33:32

Hasil Seleksi Administrasi Pengadaan CPNS kategori MS (Memenuhi Syarat) Pemerintah Kota Pekalongan Tahun 2014 Selengkapnya klik disini

Jadwal Pelaksanaan ujian CPNS 2014 klik disini

 

 

Kamis, 11 September 2014 | pukul : 11:12:00

Pengumuman Sekretaris Daerah Kota Pekalongan nomor 810/03092 tentang Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kota Pekalongan Formasi Tahun 2014, selengkapnya klik disini

Selasa, 26 Agustus 2014 | pukul : 05:41:16

Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Dalam Negerinomor 892.1/4189/SJ tanggal 19 Agustus 2014 tentang Pedoman Penerimaan Seleksi Calon Prja IPDN tahun 2014, dengan ini diberitahukan bahwa Pemerintah Kota Pekalongan akan memfasilitasi penyelenggaraan seleksi Calon Praja IPDN 2014. selengkapnya klik disini

Senin, 04 Agustus 2014 | pukul : 07:35:55

Berdasarkan penilaian Makalah, Presentasi dan Debat, maka peserta lomba Walikota Junior 2014 yang dinyatakan lolos untuk mengikuti penjurian Tahap selanjutnya adalah :

Kamis, 17 Juli 2014 | pukul : 07:12:38

Pemerintah Kota Pekalongan melalui DPU Kota Pekalongan membuka penerimaan Fasilitator Masyarakat program PAMSIMAS HIK dengan syarat-syarat selengkapnya klik disini

Jumat, 11 Juli 2014 | pukul : 08:19:53

Sebuah ajang kompetisi pembuatan konten digital/aplikasi untuk mendorong inovasi dan perbaikan proses-proses aktivitas berbagai sektor kehidupan masyarakat di Kota Pekalongan. Terbuka Untuk Umum. selengkapnya klik disini

Menangkan hadiah:

Selasa, 03 Juni 2014 | pukul : 13:24:10

Pemerintah Kota Pekalongan melalui Bappeda Kota Pekalongan memandang perlu diadakan Sayembara Perubahan Lambang Daerah pada tahun anggaran 2014. Penyelenggaraan kegiatan perubahan lambang daerah dilakukan dengan menggunakan mekanisme Sayembara agar

Jumat, 28 Maret 2014 | pukul : 14:06:11

Sehubungan telah dilaksanakannya Tes Rerakhir yaitu Psikotes, Sleksi Pengadaan Pegawai PD. BPR Bank Pekalongan Tahun 2014, selengkapnya klik disini

Rabu, 19 Maret 2014 | pukul : 09:57:15

Sehubungan telah dilaksanakannya Tes Tahap I dan Tahap II Seleksi Pengadaan Pegawai PD. BPR Bank Pekalongan Tahun 2014, selengkapnya klik disini

Rabu, 12 Maret 2014 | pukul : 08:38:47

Sehubungan telah dilaksanakannya Seleksi Tahap pertama yaitu Tes Tertulis Seleksi Pengadaan Pegawai PD. BPR Bank Pekalongan Tahun 2014, selengkapnya klik disini

Kamis, 13 Februari 2014 | pukul : 13:54:04

Sambil menunggu perubahan Peraturan Daerah Kota Pekalongan Nomor 14 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil dan Retribusi Penggantian Biaya Cetak KTP dan Akta Catatan Sipil, selengkapnya klik disini

Selasa, 31 Desember 2013 | pukul : 17:31:15

Penetapan Kelulusan Hasil Seleksi CPNS Pelamar Umum Kota Pekalongan, selengkapnya klik disini

Selasa, 24 Desember 2013 | pukul : 08:25:59

Penetapan Kelulusan Hasil Seleksi CPNS Pelamar Umum Kota Pekalongan, selengkapnya klik disini

Undangan Pemberkasan Usul Penetapan NIP CPNSD, dimohon dengan hormat kehadiran Saudara klik disini

Jumat, 20 Desember 2013 | pukul : 08:55:09

Informasi Penyampaian nilai TKD dan Pengumuman kelulusan CPNS dari Tenaga Honorer K II, selengkapnya klik disini

Jumat, 25 Oktober 2013 | pukul : 05:05:44

Disampaikan berdasarkan pengaduan dari pelamar serta penelitian ulang berkas lamaran dari Pelamar sebagaimana daftar terlampir, yang sebelumnya dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) maka kami ralat dan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) selengkapnya klik di sini

Selasa, 08 Oktober 2013 | pukul : 01:55:38

Daftar Pelamar yang memenuhi syarat CPNSD Pemerintah Kota Pekalongan selengkapnya klik disini

Daftar Pelamar yang tidak memenuhi syarat CPNSD Pemerintah Kota Pekalongan selengkapnya klik disini

Senin, 16 September 2013 | pukul : 03:48:52

Sehubungan dengan adanya Seleksi Pengadaan CPNSD Pemerintah Kota Pekalongan Formasi Tahun 2013. selengkapnya klik disini

Kartu/Tanda Bukti Pendaftaran CPNSD Th. 2013 Pemerintah Kota Pekalongan klik disini

Jumat, 30 Agustus 2013 | pukul : 02:22:35

Pengumuman Hasil Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) Inovasi Kota Pekalongan Tingkat SMP/MTs Tahun 2013 (Penjurian Tahap I) klik disini

Rabu, 03 Juli 2013 | pukul : 02:31:01

Penerimaan Calon Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) dengan Spesifikasi Planologi, Program Replikasi Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) Kota Pekalongan 2013

Rabu, 03 Juli 2013 | pukul : 02:26:35

Berdasarkan Hasil Tes Seleksi Tes Tertulis, Psikologi dan Wawancara Calon Fasilitator Program Replikasi Penataan Lingkungan Pemukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) Kota Pekalongan Tahun 2013 

Selasa, 11 Juni 2013 | pukul : 03:44:11

Diberitahukan dengan hormat bahwa LPSE Kota Pekalongan sejak hari Jum‘at 7 Juni 2013 Jam 11.10 WIB tidak dapat melayani pengadaan barang/jasa Pemerintah secara elektronik pada SKPD di lingkungan Pemkot Pekalongan karena kerusakan perangkat keras dan saat ini masih dalam masa pemerliharaan. selengkapnya 

Kamis, 23 Mei 2013 | pukul : 03:21:31

Berlaku bagi semua penduduk, baik penduduk Kota Pekalongan maupun penduduk luar Kota Pekalongan yang lahir di Kota Pekalongan. Persyaratan : ...

Selasa, 09 April 2013 | pukul : 00:50:47

PENDAFTARAN BAKAL CALON ANGGOTA DPRD KOTA PEKALONGAN

PADA PEMILU ANGGOTA DPR, DPD DAN DPRD TAHUN 2014

Kamis, 28 Maret 2013 | pukul : 01:02:38

Bersama ini kami sampaikan Pengumuman Walikota Pekalongan Nomor 810/00972 tanggal 27 Maret 2013 tentang Daftar Tenaga Honorer Kategori II sesuai Peraturan Kepala BKN Nomor 09 Tahun 2012 yang telah memenuhi persyaratan tenaga honorer berdasarkan PP. No 48 Tahun 2005 jo PP. No. 43 Tahun 2007 dan Surat Edaran Menteri PAN dan RB Nomor 05 Tahun 2010. Adapun Nama Daftar Honorer kategori II 

Rabu, 27 Maret 2013 | pukul : 07:46:43

Rangkaian Kegiatan Hari Jadi Kota Pekalongan ke - 107 Tahun 2013 

dan

Rundown Acara Grand Final Putra - Putri PAntura 2013 The Second Generation

Senin, 04 Februari 2013 | pukul : 03:16:47

Peraturan Walikota Pekalongan Nomor 8 Tahun 2013 tanggal 14 Januari 2013 tentang Penerapan 5 hari kerja di Lingkungan Pemerintah Kota Pekalongan.

Rabu, 23 Januari 2013 | pukul : 05:06:54

Hari Libur Nasional Tahun 2013

Kamis, 10 Januari 2013 | pukul : 03:52:59

JADWAL PELAKSANAAN SEPEDA SEHAT K3

KOTA PEKALONGAN

BULAN JANUARI – MARET 2013

Rabu, 21 November 2012 | pukul : 02:45:32

Jadwal Pelaksanaan Mobile Complain (Pengaduan Bergerak) Pelayanan Publik

Kota Pekalongan

Jumat, 12 Oktober 2012 | pukul : 04:11:34

Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengadakan JOB FAIR 2012 selangkapnya

Senin, 10 September 2012 | pukul : 07:57:08

Ikutilah Lomba Lampion Batik Tingkat Umum dan Pelajar, selengkapnya klik disini

Senin, 06 Agustus 2012 | pukul : 05:29:46

Kami Sampaikan dengan hormat, bahwa dalam upaya Penghematan Energi Nasional Khususnya Penggunaan BBM Non Subsidi Pemerintah telah menetapkan beberapa peraturan dan surat edaran sebagai berikut klik disini

Senin, 30 Juli 2012 | pukul : 03:19:31

PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR JAWA TENGAH Calon Perseorangan/Nonparpol Butuh 1,14 Juta Dukungan

Jumat, 27 Juli 2012 | pukul : 03:57:16

JADWAL PENGAJIAN BULAN RAMADHAN

Kamis, 05 April 2012 | pukul : 06:20:33

Pengumuman Walikota Pekalongan Nomor 810/0904/2012 tanggal 5 April 2012 tentang Data Tenaga Honorer Kategori I yang telah Memenuhi Kriteria berdasarkan PP No. 48 Tahun 2005 jo PP No. 43 Tahun 2007 (klik disini)

Selasa, 24 Januari 2012 | pukul : 05:41:43

JADWAL PELAKSANAAN SEPEDA SEHAT K3

KOTA PEKALONGAN

BULAN JANUARI – JULI 2012

Selasa, 24 Januari 2012 | pukul : 05:38:57

PD. BPR. BANK PASAR KOTA PEKALONGAN membutuhkan 6 (enam) Tenaga Kontrak (2 orang Wanita dan 4 orang Pria) dengan persyaratan sebagai berikut :

Selasa, 24 Januari 2012 | pukul : 03:41:23

Dalam rangka melaksanakan pembangunan IPTEK yang menitikberatkan pada peningkatan peran masyarakat melalui budaya IPTEK, Pemerintah Kota Pekalongan bermaksud menyelenggarakan kegiatan seleksi KRENOVA (Kreatifitas dan Inovasi Masyarakat) Tingkat Kota Pekalongan. Ketentuan dan persyaratan adalah sebagai berikut :

Sabtu, 14 Januari 2012 | pukul : 06:39:17

Menindaklanjuti Peraturan Walikota Pekalongan Nomor 51 tahun 2011 tentang Pedoman Operasional Pelaksanaan Program Akselerasi Pembangunan Keluarga Sejahtera Berbasis Masyarakat (PAPKS-BM) Tahun 2012, dimana dalam pelaksanaan PAPKS-BM akan didampingi Tenaga Fasilitator PAPKS-BM, berkaitan dengan hal tersebut akan dilaksanakan seleksi penerimaan tenaga dengan ketentuan sebagai berikut :

Sabtu, 03 Desember 2011 | pukul : 22:07:23

Pemerintah Kota Pekalongan, C.q. Diskominfo dan Disperindagkop Kota Pekalongan bekerja sama dengan Intel Corp. dan PT. Telkom Indonesia menyelenggarakan Seminar dan Workshop Software J-Batik Untuk Pengembangan Batik di Kota Pekalongan.

Kamis, 20 Oktober 2011 | pukul : 07:13:59

Pengumuman

Penetapan Nama Komplek kantor Pemerintah dan Ruang Rapat di Lingkungan Sekretariat Daerah

Kota Pekalongan

Senin, 17 Oktober 2011 | pukul : 06:05:56

Jadwal Pelaksanaan Sepeda Sehat K3

dan Kerja Bakti Penanaman Pohon

Kota Pekalongan

Bulan Oktober - Desember 2011

Senin, 19 September 2011 | pukul : 00:49:07

Ibu negara, Ny. Ani Suslilo Bambang Yudhoyono beserta Ny. Herawati Budiono (Istri Wakil Presiden), beserta para  istri Kabinet Indonesia Bersatu, dan juga rombongan dipolmat wanita serta istri para duta besar  diagendakan melakukan kunjungan ke Kota Pekalongan dalam rangka rangkaian agenda acara penyelenggaraan Batik Fiesta di Kota Pekalongan tanggal 2 sd 5 Oktober 2011.

Rabu, 03 Agustus 2011 | pukul : 04:25:15

Pekalongan - Dalam rangka mendorong inovasi dan daya saing daerah, Pemerintah Kota Pekalongan menyelenggarakan kegiatan HIBAH BERSAING BAGI ORMAS/LSM KOTA PEKALONGAN TA 2011.  Berdasarkan hasil penilaian proposal telah terpilih 6 (enam) pemenang calon penerima dana bantuan Hibah Bersaing Ormas/LSM Kota Pekalonga Tahun 2011, sebagai berikut:

Senin, 01 Agustus 2011 | pukul : 07:07:31

Pekalongan -  Jadwal pengajian ramadhan 1432 Pemkot Pekalongan, di laksanakan setiap hari Jum‘at pada bulan Ramadhan, pukul 08.30 WIB sd selesai, bertempat di Ruang Sidang Atas Setda Kota Pekalongan, Jl. Mataram No. 1 Pekalongan, dengan jadwal sbb.

Sabtu, 30 Juli 2011 | pukul : 06:30:33

Senin, 1 Agustus 2011 Pukul 09.00 WIB

Bertempat di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kota Pekalongan Jl. Mataram No. 3 Pekalongan

Acara :

Senin, 18 Juli 2011 | pukul : 21:27:56

Pekalongan -  Walikota Pekalongan beserta jajaran diagendakan akan On AIr di TVRI Jawa Tengah, Rabu, 20 Juli 2011, mulai pukul 17.30 WIB , dalam acara  ‘ARUM DALU GAMARI‘.  Acara direncanakan berlangsung di Studio TVRI Jawa Tengah, Puncak Gading, Mranggen, Demak, Jawa Tengah.

Kamis, 26 Mei 2011 | pukul : 07:14:00

Kemenristek RI mengagendakan Pelatihan Linux for Advance bagi TIM TIK Pemerintah Kota Pekalongan sebanyak 15 orang pada tanggal 27 - 29 Juli 2011 bertempat di SMK Negeri 2 Pekalongan.

GALLERY/FOTO
Pekan Batik Pekalongan 2017
Sekretaris Menteri Koperasi (Menkop) UKM, Agus Muharram membuka acaraPekan Batik Pekalongan (PBP) 2017 yang dilaksanakan di Kawasan Budaya Jetayu, Kota PekalonganAcara dimulai dengan tarian batik yang diperagakan oleh sejumlah dara cantik yang menggambarkan proses membatik.Hadir pada kesempatan ini Plt Walikota Pekalongan Saelany Mahfudz,Pelaksanaan Pekan Batik tahun 2017 ini terdiri atas 12 (dua belas) rangkaian kegiatan, yaitu Pameran Nasional yang terbagi Pameran Wisata Pekan Batik Nusantara dan Pameran Rumah Kreatif Batik Pekalongan, Fashion Show Busana Batik/Tenun, Festival Kampung Wisata Kuliner, Gelar Seni Budaya dan Pentas Bersama, Talkshow Netizen, Lomba mewarnai Buketan dengan peserta 500 anak, Lomba Kreasi Busana Batik Tulis/Cap Raksasa, Jetayu Drone Photografi Competition, Netizen Batik Selfie Contest, Festival Jamu dan Kuliner Jawa Tengah 2017, Arak-arakan Batik atau biasa disebut Pekalongan Batik Carnival dan Jalan Santai Wisata Kampung Batik dengan target peserta 5.000 orang.Dengan mengusung tema Batik Pekalongan membingkai silang budaya nusantara, Sealany pun berharap agar batik khususnya Batik Pekalongan dengan ragam corak dan motifnya mampu menyatukan kebhinekaan di Indonesia.
Pekan Batik Nusantara Tahun 2016
Pekan Batik Nusantara (PBN) 2016 di Kawasan Budaya Jetayu dimulai pada tanggal 04 - 09 Oktober 2016Pekan Batik Nusantara (PBN) 2016 di Kawasan Budaya Jetayu dibuka oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan MenengahKetua Panitia PBN, Pj Sekda Drs Slamet Prihantono menambahkan, usai dilakukan pembukaan pada pagi harinya. Selanjutnya akan dirangkai membatik bersama, lalu malam harinya akan digelar gala dinner dan fashion show mahakarya batik Pekalongan.Drs Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga bersama Walikota Pekalongan HA Alf Arslan Djunaid mengunjungi stand-stand batikRibuan peserta memeriahkan acara Arak-arakan Batik Pekalongan 2016 yang dimulai dari Alun-Alun menuju Kawasan Budaya Jetayu, Pekalongan, Sabtu , (9/10). Arak-arakan itu melewati jalan Hayam Wuruk, Jalan Pemuda, Jalan Diponegoro dan berakir di Kawasan Budaya Jetayu.Marching Band dari Taruna Politeknik Ilmu pelayaran Semarang. Aksi para taruna ini mendapat aplaus meriah dari para penonton saat memainkan sejumlah atraksinya.Arak-arakan diawali dengan iring-iringan becak sejumlah artis ibukota. Tampak di barisan terdepan actor senior Pong Harjatmo dan lain-lainya.Walikota Pekalongan Alf Arslan Djunaid mengatakan acara ini disebut arak-arakan batik untuk semakin mendekatkan dengan warga masyarakat Pekalongan.Pekan Batik Nusantara (PBN) 2016 yang digelar di Kawasan Budaya jetayu, Kota Pekalongan ditutup secara resmi oleh Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Minggu (9/10).Penutupan PBN dimeriahkan dengan tarian kolosal yang melibatkan puluhan penari.Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri usai menutup PBN 2016 ini secara resmi memberikan penghargaan yang besar bagi seluruh penyelenggara dan warga masyarakat Kota pekalongan.Pihak Panitia penyelenggara menyebutkan nilai transaksi menembus angka Rp 6,5 Milyar selama 6 hari digelarnya PBN 2016 tersebut.
Hari Jadi Kota Pekalongan ke 110 Tahun 2016
Pekalongan Memeriahkan Hari Jadi ke 110 tahun yang jatuh pada Jum’at (1/4) kemarin, Pemerintah Kota Pekalongan gelar Kirab Budaya dan istighosah bersama seluruh elemen masyarakat.Kirab digelar dengan start dari Alun-alun Kota Pekalongan dan finish di lapangan jatayu. Dalam kirab tersebut tampak Walikota Pekalongan di dampingi sang istri, Wakil Walikota yan gjuga didampingi sang istri serta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) berjalan dengan mengendarai andong yang berbalut hiasan-hiasan batik.alunan musik angklung dan marching band juga turut menambah kemeriahan itu. Ditambah dengan adanya gunungan hasil bumi dari keempat kecamatan se kota Pekalongan yang diarak bersama dengan rombongan lain.Disusul barisan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), tokoh masyarakat, komunitas, serta elemen masyarakat lainnya. Walikota Pekalongan, Alf Arslan Djunaid mengatkan bahwa dalam Hari Jadi kali ini pihaknya mengusung tema kreatifitas dan Keberagaman budaya penggerak ekonomi menuju Pekalongan lebih sejahtera.
Alex Mendengar
Sebagai bentuk penjaringan aspirasi masyarakat kota Pekalongan, Walikota Pekalongan H Alf Arslan Djunaid, SE atau yang akrab disapa Alex gelar acara bertajuk Alex MendengarAcara tersebut digelar secara rutin setiap dua minggu sekali pada jam 14.00 sampai 17.00 WIB, di Rumah Dinas Walikota Pekalongan Jl Bahagia.Acara tersebut digelar sesuai dengan Visi-misi walikota dan Wakil Walikota yang teru berupaya memajukan Kota Pekalongan dari berbagai sektor melalui sistim Bottom-Up, yaitu menjalankan program sesuai dengan kebutuhan masyarakat bawah melalui penjaringan aspirasi yang dikenal dengan konsep Brayan Urip.Dalam acara tersebut berbagai elemen masyarakat kota Pekalongan dari seluruh kelurahan hadir dan menyampaikan seluruh aspirasinya yang disampaikan untuk memajukan Kota Pekalongan.Dari setiap aspirasi tersebut langsung dijawab walikota Pekalongan yang didampingi oleh seluruh Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Pekalongan.
Kegiatan Walikota & Wakil Walikota Pekalongan
Guna meningkatkan hiroh kebudayaan Kota Pekalongan, Forum Rakyat Pekalongan Bersatu (FRPB) gelar silaturrahmi budayawan dan seniman se-Kota Pekalongan bertajuk Pekalongan Berbudaya di gedung Garudo Madong Kencono (GMK).Wakil Walikota Pekalongan Mochammad Saelany Machfudz meninjau LPG di (Stasiun Pengisian Dan Pengangkutan Bulk Elpiji) SPPBE Karya Niaga Mas Kota Pekalongan. Kemampuan wawasan kebangsaan pelajar  SMA sederajat diasah Lomba Cerdas Cermat (LCC) yang digelar oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekalongan di Gedung DPRD Kota Pekalongan. Pelantikan Walikota & Wakil Walikota PekalonganSebanyak 2500 nasi bungkus habis seketika diserbu warga Kota Pekalongan dalam acara pesta rakyat bertajuk Brayan Sarapan Bareng Walikota dan Wakil Walikota di Lapangan Mataram
Pj Walikota Foto Bersama Kepala SKPD
Pj Walikota Pekalongan Berfoto Bersama Kepala SKPD se-Kota PekalonganJaga persatuan dan kesatuan. Pj Walikota kompak foto bersama dgn kepala2 skpd dlm pakaian tradisional.Ngopi bareng Pj Wali Prijo A bersama Ka SKPD. Informal tapi efektif untuk koordinasi dan sinergi
Hari Batik Nasional 2015
PJ Walikota Pekalongan mencoba membatik dalam rangka Hari batik Nasional 2015Tari Batik disela-sela acara peringatan Hari Batik Nasional 2015Hari Batik Nasional pada tanggal 02 Oktober 2015 di depan Museum Batik PekalonganPJ Walikota Pekalongan Prijo Anggoro Budi Rahardjo SH Msi memberikan sambutan Hari Batik Nasional pada tanggal 02 Oktober 2015 di depan Museum Batik Pekalongan.Sekda Kota Pekalongan Dwi Arie Putranto memberikan sambutan
Pekan Batik Nusantara dan Inovasi 2015
Pembukaan Pekan Batik Nusantara dan Inovasi di lapangan Jetayu PekalonganPembukaan Pekan Batik Nusantara dan Inovasi di lapangan Jetayu Pekalongan pada tanggal 30 Juli 2015Pembukaan Pekan Batik Nusantara dan Inovasi oleh Menteri Pendidikan Anies BaswedanPenyerahan Baju Batik untuk menambah koleksi di Museum Batik Kota PekalonganMenteri Pendidikan Anies Baswedan memantau stand-stand Pekan BatikAnies Baswedan mencoba membatik
Pembukaan Pekan Batik Nusantara Tahun 2014
Sejumlah pelajar & masyarakat antusias menyambut kedatangan Wakil Presiden RIWapres Boediono mengunjungi Museum Batik PekalonganWapres Boediono beserta Walikota Pekalongan dan rombongan mengunjungi Museum BatikWapres Boediono menerima kenang-kenangan kain Batik khas Pekalongan
Penutupan Pameran Inovasi & Kreativitas
Sejumlah Undangan menghadiri Penutupan Pameran Inovasi & Kreativitas Tahun 2014Walikota Pekalongan foto bersama para pemenang lombaTari-tarian turut memeriahkan penutupan Pameran Inovasi & Kreativitas Tahun 2014Walikota Pekalongan Menutup sekaligus membuka Pekan Batik Nusantara bersama istri & Sekretaris Daerah Kota Pekalongan
Pembukaan Hakteknas Tahun 2014
.Paduan Suara dari Mahasiswa-mahasiswi UNNES turut memeriahkan Pembukaan Hakteknas Th. 2014Walikota Pekalongan menerima Rekor Muri Indonesia atas Peserta terbanyak pemanfaatan kain perca yang diikuti 10.119 Pelajar..
Pembukaan Pameran Inovasi & Kreativitas Th. 2014
Pameran Produk Inovasi & Kreativitas dibuka oleh Ka. BPPTPara siswa-siswi Sekolah Dasar turut memeriahkan acara Pembukaan Pameran Produk Inovasi Th. 2014Ka. BPPT membuka Pameran Produk Inovasi Th. 2014 yang diikuti tingkat Provinsi Jawa TengahKa. BPPT & Walikota Pekalongan beserta jajarannya mengunjungi stand-stand Pameran Produk InovasiTari Batik Jlamprang turut memeriahkan acara yang diselenggarakan pada 09 Agustus 2014 bertempat di Rumah Jabatan Bakorwil Jetayu
Peluncuran Ubuntu Versi 14.04 LTS
Walikota Pekalongan menerima penghargaan e-Leadership awardAcara Seminar & Lokakarya Nasional di Aula SMK N 3 PekalonganAcara Seminar & Lokakarya Nasional Penghargaan Diberikan Kepada Kepala Diskominfo Pekalongan atas Dedikasi dan keberhasilannya dalam mendorong penerapan E-Goverment berbasis teknologi terbuka di Pemerintah Kota Pekalongan
HUT Kota Pekalongan ke-108
Kirab Budaya, gunungan buah-buahan dan nasi megono yg merupakan makanan khas Kota BatikWalikota Pekalongan & Wakil Walikota Pekalongan beserta istri mengikuti kirab budaya Kota Pekalongandrumband dari SMK Medika turut memeriahkan hari jadi Kota PekalonganPasukan pembawa bendera merah putih mengiringi acara kirab budaya Acara HUT Kota Pekalongan diselenggarakan di halaman Setda Kota PekalonganWalikota Mencanangkan 4 gerakan disiplin kota
Ngoprek Bareng Forum Ubuntu
Walikota Pekalongan menghadiri acara diskusi dan ngoprek bareng forum ubuntuWalikota Pekalongan foto bareng komunitas UbuntuAcara ngoprek bareng komunitas ubuntu di ruang Kalijaga Setda Kota PekalonganAcara ngoprek bareng forum ubuntu dihadiri oleh komunitas, relawan, DPTIK serta mahasiswaWAlikota berfoto bersama forum ubuntu indonesia
Pekan Batik Internasional
Batik CarnivalPembukaan Pameran PBITari JelamprangPekan Batik InternasionalKota Pekalongan Meraih penghargaan Rekor Muri DuniaPenutupan Pameran Pekan Batik Internasional
Penerimaan Adipura
Apel Adipura 1Apel Adipura 2Apel Adipura 3Apel Adipura 4
Seminar FOSS di Bali
Seminar FOSS di Bali 1Seminar FOSS di Bali 2
 
 

 

WEB RESMI
PEMERINTAH KOTA PEKALONGAN
sekda@pekalongankota.go.id, 0285-421093
Jl Mataram N0 1 Pekalongan Jateng Indonesia